Menjadi sukses itu bukanlah suatu kewajiban, yang menjadi kewajiban adalah perjuangan kita untuk menjadi sukses.

Selasa, 13 Maret 2012

Kiat Sederhana Menahan Amarah

Wadunk.blog_  Bagi Anda yang gampang naik darah, ada latihan sederhana untuk bisa mengendalikan diri. Yakni sering menggunakan tangan keliru atau yang tidak dominan biasa Anda gunakan.
Artinya, bila Anda biasa menggunakan tangan kanan di keseharian, coba sering-sering melatih tangan kiri. Bagi Anda yang mengandalkan tangan kanan, coba gunakan tangan kidal Anda saat menggunakan mouse komputer, mengaduk gula teh atau kopi, membuka pintu dan ha-hal lain yang tidak membahayakan. Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan.
Setelah dua pekan latihan, anda sudah mampu mengendalikan emosi agar tidak 'meledak'.

Menurut Dr. Thomas Denson dari University of New South Wales, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau golf.

Dalam studi yang .dimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science itu, orang yang mulai menggunakan tangan yang 'keliru' atau non-dominan, dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan emosi.

Dr. Denson mengatakan, "Menggunakan tangan non-dominan untuk mengendalikan mouse, mengaduk kopi, membuka pintu, membuat orang melatih pengendalian diri karena nalurinya selalu ingin menggunakan tangan dominan," kata dia.

Dr. Denson dan para koleganya mengutip kesimpulan para kriminolog dan sosiolog yang menyebut, kasus kekerasan terjadi ketika ada kesempatan dan kurangnya kemampuan mengendalikan diri.

"Orang yang agresif pastinya ingin mengendalikan diri, tapi mereka kurang mampu. Coba saja pasang monitor untuk melihat aktivitas otaknya lalu hina mereka, maka yang bagian otak mereka yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif."

Selain itu, ia juga memberi nasihat, pada awalnya latihan menggunakan tangan non-dominan justru akan memancing emosi.

"Tapi jika berlatih terus dalam jangka waktu lama, anda akan punya kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini sama seperti latihan untuk semua hal, awalnya selalu sulit, namun selanjutnya akan semakin mudah."

0 komentar:

Posting Komentar